Activity

SOE Graduation 5th. Wonderful Indonesia

Sekolah Alam Pacitan mengadakan Graduation ke lima di tahun 2018 dengan mengangkat tema keberagaman budaya Bangsa Indonesia. Wonderful Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Gasibu Swadaya Kabupaten Pacitan. Dukungan penuh diberikan oleh seluruh anggota paguyuban romo ibu. Kegiatan ini dikonsep oleh wali kelas VI dan Bapak/Ibu Guru SD Alam Pacitan yang bertindak sebagai panitia utama.

 

Berbagai macam pertunjukan disajikan oleh anak-anak dari kelas 1-6 dan berbagai kolaborasi dengan seniman-seniman musik lokal. Kegiatan diawali dengan adanya tabuh gong dan buka gerbang. Kemudian dilanjutkan dengan tarian cucuk lampah sebagai opening performance. Secara umum SOE 5th Graduation Wonderful Indonesia ini menampilkan berbagai kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia. Berbagai penampilan etnik budaya tersebut diawali dengan Hadrah, kemudian dilanjutkan dengan tarian yang berasal dari ujung barat Indonesia, Tari Saman. Penampilan Tari Saman ini dibawakan oleh anak-anak kelas 3. Mereka dengan penuh semangat dan enerjik sukses mempersembahkan satu tarian yang sangat ikonik ini kepada audience.

Penampilan budaya daerah kedua berasal dari Provinsi DKI Jakarta yaitu lagu Jali-Jali yang dibawakan oleh Mrs. Saraswati Rekrandari dan diiringi oleh grup musik Kamso Nyoto Band dari Boy Teacher of SOE. Pembawaan musiknya sangat elegan, santai dan bersahabat. Alunan kendang dipadukan ensembel akustiknya sangat memukau. Membuat yang mendengar serasa larut dalam alunan musik dan lagu Jali-Jali.

Beranjak dari Jakarta menuju Jawa Timur. Ada penampilan Warok Reog Ponorogo dan Tari Gegala dari Kakak-kakak kelas 3 dan 4. Mereka terlihat sangat gagah dan lincah. Tari Warok dan Tari Gegala membutuhkan karakter kuat dan gagah. Kakak-kakak boy dari kelas 5 sukses menyajikan penampilan yang sangat memukau penonton.

 

Penampilan selanjutnya beranjak ke pulau seberang, Pulau Kalimantan. Para Girl Teacher menampilkan Tari Burung Enggang yang merupakan kesenian khas adat budaya Suku Dayak. Penampilannya sangat anggun dan luwes yang menggambarkan kehidupan sehari-hari Burung Enggang. Penampilan Tri Burung Enggang dibalas dengan standing ovation dari seluruh penonton.

Penampilan selanjutnya adalah Tari Kecak Bali. Tarian ini dibawakan oleh Adik-adik kelas 2 dan kelas 1. Mereka sangat bersemangat membawakan tarian sakral tersebut. Dalam Tari Kecak juga muncul sosok Rama, Sinta dan Anoman. Para penonton sangat takjub dengan suasana yang ditimbulkan selama berjalannya Tari Kecak karena sangat mirip dengan suasana pementasan aslinya di Bali.

Dari Bali bergeser ke Sulawesi. Ada Kakak-kakak kelas 4 dan 5 menampilkan Tari Silat Mandar. Mereka kompak melakukan aksi silat dalam balutan tarian dan memiliki harmoni gerak yang selaras. Riuh tepuk tangan pun juga menyambut akhir penampilan tarian ini.

 

Di akhir parade penampilan dibacakan sebuah puisi oleh Kak Jazzeline dari kelas 2. Puisi yang dibacakan menggambarkan kebanggaan menjadi anak Indonesia dan sebagai wujud syukur telah di anugerahi budaya yang sabngat beragam. Dalam puisinya, Kak Jazzeline mengajak seluruh anak bangsa untuk selalu menjaga dan mempertahankan budaya dan tradisi Indonesia.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *