Activity

Manasik Haji 2019

Pagi itu, Selasa, 28 Agustus 2018 ratusan anak berpakaian putih-putih berduyun-duyun mulai memasuki Lapangan Peta Kompleks Makodim 0801 Pacitan. Mereka akan melakukan kegiatan Manasik Haji. Anak-anak tersebut adalah siswa-siswi dari Paud Plus Az-Zalfa dan SD Alam Pacitan. Mengutip dari berbagai sumber, manasik haji adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Dalam kegiatan manasik haji, calon jamaah haji akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakannya, misalnya rukun haji, persyaratan, hal wajib dan sunah, maupun segala hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji. Dalam kesempatan manasik haji kali ini anak-anak telah belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa’i, wukuf dan melempar jumroh. Beberapa peralatan peraga disiapkan antara lain miniatur Ka’bah, Maqom Ibrahim, Bukit Safa dan Marwah serta Jumrah Ula, Wusta dan Aqabah.

Anak-anak didampingi para guru dan dijelaskan tentang tata cara, niat, dan doa-doanya. Anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok haji berdasarkan nama negara. Seluruh peserta laki-laki menggunakan kain ihram 2 helai, sedangkan peserta perempuan menggunakan baju muslim serba putih.

Kegiatan manasik haji ini secara umum bertujuan untuk mengenalkan kepada anak tentang tata cara ibadah haji supaya anak-anak sejak dini dapat mengenal ibadah yang sangat mulia ini. Selain itu anak-anak diharapkan memiliki cita-cita untuk menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah saat dewasa nanti.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *